Minggu, 10 Februari 2019

Ibu yang hebat ,inspirasiku


Ibu Yang hebat
(SRI ANDAYANI)
             Bagiku ia seorang yang inspirative karena dari kesederhanaannya terpancar kekuatan batin yang kuat,
Sebuah karakter yang sangat bagus  untuk di jadikan contoh bagi semua orang yang masih menganggap bahwa nilai nilai ketulusan,keikhlasan, dan pengabdian seorang istri  pada keluargnya ,terutama pada suami dan anak anaknya masih sangat di junjung tinggi. Kehausannya akan menuntut ilmu demi memberikan tauladan langsung pada anak anaknya patut dicontoh. Dia telah melanglang buana mencari ilmu ,mengasah dirinya untuk menjadi wanita hebat yang bernilai tinggi. Seringkali mengikuti pelatihan pelatihan dan majelis mejelis ilmu dengan semangat yang tinggi dan menggebuh gebuh . Ini sering kali terlihat dari caranya menceritakan apa yang baru saja dan yang akan diikutinya. Sungguh wanita yang penuh semangat.Saya sungguh terkesan dari satu sisi ini.
Sebuah keinginan lama yang terpendam yang sudah hampir terlupakan ,bahkan seakan tiada mungkin terbangkitkan ternyata perlahan lahan timbul kembali ke dalam relung hati saya. Keinginan itu dari hari ke hari terus mengganggu, mengusik, bahkan terus menjadi pemikiran saya. Hati saya seakan terus mendorong saya agar segera dapat mewujutkan keinginan itu. Namun dari mana Saya harus memulainya, merupakan sesuatu yang masih belum bisa terpecahkan . Saya kebingungan untuk menjawabnya sendiri, karena keinginan itu tiba tiba muncul saja kedalam benak saya tanpa ada rambu rambu atau tanda tanda bahwa sesuatu yang besar  akan saya lakukan dalam hari hari saya. Seakan saya telah tertidur terlampau lama dalam kelelapan , tanpa adanya gangguan  hingga ketika terbangun karena suatu sebab,seakan akan saya berada dalam suatu situasi yang sangat membingungkan sekaligus mengejutkan. Hal ini terjadi karena ada seseorang yang telah membangunkan tidur  lelap saya.Yang telah membuyarkan mimpi mimpi saya hingga terbang segala arah , entah kemana. Orang yang telah membangunkan saya itu adalah teman saya sendiri ,seorang wanita hebat yang tiada ada kembarannya di muka  bumi  ini saat ini. Dia adalah seorang ibu dari ke tujuh anak yang telah sukses membesarkan putri putrinya dengan nilai nilai kehidupan yang kuanggap patut untuk diteladani. Hal apakah yang telah mempengaruhiku  karena kehadirannya dalam ketenanganku? Berikut adalah kaitannya.
 Keinginanku  menulis sudah lama saya impi impikan sedari dulu. Namun kesempatan untuk melakukannya masih belum ada. Kalaupun ada kesempatan , mood saya belum terbangun. Menurutku menulis bukanlah sekedar menggoreskan pena, tapi menulis adalah menuangkan pemikiran pemikiran bawah sadar kita, kemauan kemauan kita , cita cita kita , pengalaman pengalaman kita ,angan angan kita untuk kemudian menumpahkannya kedalam sebuah goresan pena.     
Namun begitu , itu juga bukanlah suatu yang mudah, karena memang harus ada kaidah kaidah tertentu yang harus ditaati dalam mengkreasikan sebuah karya tulis. Menulis adalah suatu karya seni, yang harus memenuhi syarat syarat untuk menjadikannya menjadi sebuah karya yang bernilai seni yang dapat dinikmati keindahannya , kemanfaatannya, kefantatisannya, kedahsyatan pengaruhnya bagi sang penikmat seni. Gampang sekali kita mencorat coret kertas ketika kita tengah tenggelam dalam kekosongan waktu. Kita bisa  menuliskan lamunan kita ,hal hal yang sedang menggangu kita pada saat itu, kita menuliskan  apa saja yang yang sedang terlintas dalam benak kita. Tetapi itupun belum cukup untuk memenuhi syarat dikatakan karya seni  yang bagus .
Oleh karena itu, adanya syarat syarat tertentu itulah yang menjadikan saya merasa bahwa menulis itu merupakan sebuah karya yang benar –benar hebat antara lain adanya diksi, aturan tata bahasa , kesantunan berbahasa,keabsahan dan keontentikan sumber sumber sebagai bahan penulisan dan sebagainya .  
Bagi saya seorang penulis itu adalah seorang yang sangat hebat, karena ia mampu mewakili Tuhan menjelaskan karya ciptaannya : ia menciptakan karakter seseorang menjadi seorang yang hebat,ia mampu mengubah karakter seseorang yang brengsek menjadi seorang yang bermutu ,ia mampu menginspirasi orang lain untuk berbuat dan melakukan yang terbaik melalui tulisannya,ia mampu membuat orang marah dan emotional karena kritikannya yang pedas dan sebagainya.Ia bahkan mampu mewujudkan keindahan ciptaan Tuhan melalui gambaran gambaran untaian kalimatnya. Wanita yang kusebutka diatas itu adalah salah satu dari para inspiratory.
 Dia seorang temanku yang selalu rajin mengikuti forum forum pelatihan menulis.Ia tidak pernah letih menimbah ilmu kepenulisannya. Ditambah lagi pengalaman putranya yang bekerja di sebuah surat kabar terkenal di kota Surabaya. Ia begitu semangat untuk menulis. Cita citanya yang besar adalah bahwa suatu saat ia akan menjadi seorang penulis di hari hari luangnya. Ajakan temanku untuk mengikuti pelatihan pelatihan menulis menarik hatiku. Satu dua kali aku ikut ,akhirnya aku tertarik juga dengan materi materi pelatihan seakan mengingatkankan ku untuk terus belajar menulis. Hingga pada satu pelatihan menulis  yang diselenggarakan oleh PGRI Jawa Timur  yang bekerja sama dengan IGGI wilayah Jawa Timur  aku ikuti juga. Disana para peserta di beri bekal cara menulis melalui media surat kabar  yang kebetulan pada waktu itu bekerja sama dengan surat kabar  Harian Surya. Pada akhir sesi para peserta di minta untuk untuk menulis  dan mengirimkan hasil karyanya melalui e-mail atau whatsApp. Tetapi sayang sekali tulisanku tidak termasuk kelima tulisan yang dapat penghargaan terbaik.Tepati aku senang bisa ikut serta dalam pelatihan itu.Dan aku sudah mencoba yang  aku bisa .
           Tetapi keinginan untuk terus belajar menulis selalu mengingatkan ku. Dirumah aku membaca lagi tulisanku. Ku baca ulang dan kurevisi, aku juga berkonsultasi dengan Ibu Endah Editor dari surat kabar Surya tentang apa kekurangan dalam tulisanku. Dan akhirnya aku mendapatkan suatu gambaran tentang bagaimana dan apa yang seharusnya aku tulis.Kemudian dalam waktu singkat sesuai deatline,aku harus segera mengirimkan hasil tulisanku .Kemudian tidak berapa lama,aku mendapatkan kabar bahwa tulisanku akan di muat.Wow,bagiku itu berita.Aku tidak menyangkah bahwa tulisanku akan dimuat karena,secara mendadak sekali aku harus segera melampirkan gambar yang sesuai dengan gambaran dari  isi dari  tulisanku.
          Tetapi aku sangat berterima kasih pada Bu  Endah dari Koran Surya yang sudah memberi kesempatan padaku untuk menerbitka tulisanku.Walaupun begitu, aku merasa agak sedikit kecewa karena ternyata yang termuat tidak sepenuhnya hasil tulisanku pyur,tetapi sudah mengalami pengeditan. Dan dari situ aku berpikir bahwa ternyata apa yang kita tulis tidak selalu bisa dimuat di beberapa media ,karena harus mengalami beberapa kali pengeditan hingga benar benar menjadi sebuah tulisan yang layak untuk di terbitkan dan dibaca orang. 
          Aku merasa masih sangat miskin kemampuan dalam menulis .Karena itu aku masih harus banyak belajar,berlatih dan tentu saja banyak membaca untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman penulisan dari pengarang lainnya. Aku juga mulai gemar menuliskan coretan coretan yang sebelumnya suka aku lakukan dengan iseng.Aku mulai menuliskannya dalam bentuk puisi puisi kehidupan. Tidak banyak yang ku tulis tetapi mulai saat itu aku senang untuk menulis lagi. 
         Semangat menulisku ku tularkan pada anak didikku .Aku mencoba menggiatkan kegiatan menulis sebagai suatu pembiasaan pada murid muridku.Aku memfasilitasi anak anak didikku untuk rajin menulis melalui kegiatan menulis di buku harian mereka.Aku memberi tugas menuliskan pengalaman atau peristiwa yang mereka alami dalam sebuahbuku harian.Mereka boleh membuat atau mengkreasikan buku itu sendiri dari sisa sisa kertas buku tulis mereka ,atau beli buku ,yang penting mereka senang melakukannya. 
            Aku tidak memaksakan agar satu kelas menulis semua ,karena aku yakin tidak semua peserta didik memililki kemampuan menulis. Aku membebaskan mereka yang tidak bisa menulis.Tetapi aku sering menyemangati mereka untuk tetap menulisnya.Dari hasil hasil tulisan mereka satu persatu ku beri komentar dan koreksi juga kutambahkan catatan dibawahny ayang berisi motivasi untuk terus semangat menulis ,mereka boleh mengumpulkannya kapanpun mereka sudah sempat menulisnya.Alhamdulillah ,kegiatan itu berjalan cukup baik.Ternyata banyak anak didikku yang pintar dan berbakat menulis. Aku ingin menjadikan kegiatan menulis ini menjadi sebuah pembiasan bagi anak didikku ,hal ini selaras dengan program pemerintah yaitu megembangkan literasi pada para pelajar. Terima kasih temanku engkau sudah menginspirasiku untuk menulis lagi.


1 komentar: