Rabu, 23 Januari 2019

Opiniku

Sebuah Status , pentingkah itu?

(Sri Andayani)

        Ketika kutanyakan pada temanku apa yang ditulis di statusnya, temanku bilang  sebegitu pentingkah membuat sebuah status bagi seseorang? Yang kumaksud status disini adalah sebuah pesan yang berupa  tulisan atau foto atau vidio yang dibuat seseorang melalui media sosial, wa, facebook atau istagram dan lainnya. Yang kumaksudkan disini bukan status jombloh, menikah ataupun janda dan sejenisnya. 
             Apakah menulis sebuah status itu sangat penting? 
Banyak orang suka membuat status untuk dirinya. Macam macam yang ditulisnya. Ada yang sekedar lucu lucuan sehingga membuat orang lain tertawa. Dan dia akan bangga kalau postingannya sudah dilihat oleh sekian jumlah orang.
        Ada yang  tiba tiba  menjadi  seorang mubalik, menulis ayat ayat atau kata kata bijak dan memberi nasehat orang lain. Mungkin tujuannya hanya untuk mengingatkan dirinya?  Atau juga menasehati orang lain?  Kalau memang niatnya itu, kurasa bagus dan sah sah saja. Mungkin mereka  ingin menasehati diri sendiri atau juga memotivasi diri atau orang lain agar .berbuat seperti yang ditulis di stausnya tersebut. 
        Kadang kutanyakan pada teman yang sering  menulis di statusnya tentang sesuatu nasehat. Isinya mengingatkan agar mengerjakan amalan ini atau itu. Lalu kutanyakan apakah dia melakukan seperti apa yang di sarankan?  Dan jawabnya adalah nggak. Menurutku itu sama saja dengan membohongi diri sendiri. Sok sokan menjadi seperti orang yang alim tetapi hanya sebatas status saja. 
         Namun terkadang ada juga yang bertujuan jelek yaitu menyindir atau menghina orang lain.  Sungguh itu perbuatan yang sangat buruk dan menyakiti orang dengan sengaja.
           Ada juga yang curhat tentang hidupnya, problem hidupnya di tulis secara vulgar entah apalah tujuannya. Mungkin untuk pelepasan segala beban hidupnya saja. Tapi apakah itu perlu? Mengobral kisah hidupnya ke khalayak umum? Membuat dirinya seperti sebuah boneka dalam sebuah bingkai kaca yang bisa dengan mudah dibaca orang, perlukah itu?
          Tetapi banyak juga yang posting foto - foto baik selfi maupun foto kenangan bersana keluarga maupun teman. Yang ini akupun juga senang melakukannya.Ya sebenarnya sih bukan untuk pamer, tapi hanya sekedar pemberitahuan pada teman tentang kegiatan atau peristiwa yang terjadi pada saat itu. 
        Ada juga yang mengupload lagu atau film. Yang harus memiliki ketrampilan khusus untuk menguploadnya. .Aku pernah mengupload sebuah vidio musik tapi hasilnya kurang bagus karena terputus-putus. Memang butuh kesabaran untuk mengatur timingnya hingga bisa terupload sempurna.    
          Namun dari semuanya , kembali pada pribadi masing masing orang. Yang terpenting adalah apa yang ditulisnya tidak untuk menyakiti hati orang lain yang tentu saja  malah menambah dosa. tetapi sebaliknya kalau bisa status yang di buatnya itu bisa menimbulkan pikiran positif dan memotivasi orang lain agar  berbuat lebih baik .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar